Apakah Kesehatan Tubuh Berkaitan Dengan Kesehatan Rohani?

Menjaga tubuh yang sehat dan tetap bugar adalah salah satu yang penting untuk kita lakukan dan pertahankan. Sahabat Revivo pasti tidak asing dengan semboyan di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat atau disebut dalam Bahasa latinnya dengan Mens Sana In Corpore Sano. Manusia terdiri dari tubuh, jiwa dan roh. Oleh karena itu, jika tubuh kuat, jiwa sehat, maka seharusnya roh menjadi bukti dari kekuatan kesehatan.

Lalu, apakah kebugaran dan kesehatan tubuh berkaitan dengan kesehatan rohani?

Perjanjian lama mencatat bahwa beberapa latihan kebugaran tubuh atau olahraga berkaitan dengan perang. Memanah merupakan olahraga yang menjadi kegemaran prajurit-prajurit Israel untuk membentuk dan memperoleh otot-otot lengan dan tangan kuat. (Mazmur 18:35).

Daud merupakan salah satu orang yang terlatih untuk menjaga domba-dombanya dari ancaman hewan-hawan buas, termasuk ketika ia mengalahkan Goliat dengan umban. Benar bahwa Tuhan menyertai Daud pada saat itu tetapi, Daud adalah seorang yang selalu melatih diri, misalnya melatih tangannya agar lincah melontarkan peluru (batu) dengan umbannya (1 Samuel 17: 50).

Selain Daud, ada juga Paulus yang menunjukkan bahwa olahraga adalah sesuatu yang penting dan mengandung nilai-nilai baik. “Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul.” – 1 Korintus 9: 26

Ketika Tuhan menciptakan manusia pertama kali, Dia menghembuskan nafas hidupnya (Kej 2: 7) sehingga tubuh itu hidup dan dikuasai oleh roh Allah. Tubuh adalah bait Allah dimana roh Allah tinggal di dalam kita. Ketika tubah terjaga dengan baik, jiwa terjaga dengan benar, maka roh Allah akan tinggal di dalam kita. Karena manusia terdiri dari tubuh, jiwa dan roh, maka diperlukan kerja sama yang baik agar keberadaan manusia menjadi solid dengan Tuhan.

Jika kita ingin memuliakan Tuhan, menjadi penyembah yang benar, tentu kita memerlukan kebugaran secara rohani. Untuk itu, manusia juga perlu sehat secara jasmani. Oleh Karena itu Yesus memberi tahu para pengikut-Nya bahwa Tuhan peduli tentang kebutuhan fisik mereka dan akan menyediakan semua itu bagi mereka (Matius 6:32).

Dengan seiring bertambahnya usia, atau bertambahnya bobot badan, aktivitas yang banyak seperti bekerja, membuat kita malas berolahraga dan sebagainya. Perlu diketahui bahwa kita berolahraga adalah salah satu bentuk pertanggungjawaban kita dalam hal merawat tubuh.

Kita bisa berolahraga adalah karena Tuhan yang memberikan kesempatan kita bisa berolahraga. Ada orang-orang ada pada kondisi atau bahkan terlahir dalam keadaan tidak bisa olah raga.

Sahabat Revivo, apakah kamu rutin berolahraga? Dan apa olahraga favoritmu?

Tags:
0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published.

*

©2018 Revivo. All Rights Reserved

Log in with your credentials

Forgot your details?