Sehat Rohani “Yes!”, Sehat Jasmani?

Hidup dalam keadaan baik dan sehat-sehat dalam segala sesuatu, itulah yang diinginkan semua orang. Namun saat ini, fakta menunjukkan bahwa penyakit kronis, seperti: jantung koroner, stroke, ginjal, obesitas dan diabetes ternyata banyak diidap oleh orang-orang yang usianya masih muda. Situasi tesebut mencerminkan adanya perubahan gaya hidup masyarakat secara umum, yakni: dari banyak bergerak (berjalan kaki untuk bepergian) menjadi kurang bergerak (sedentary lifestyle) karena lebih suka naik kendaraan bermotor, mobil dan lainnya yang lebih cepat dan simple.

Tentunya bukan hanya Kesehatan rohani yang kita usahakan, pertahankan dan tingkatkan, namun kesehatan jasmani juga perlu kita doakan dan usahakan dalam kehidupan kita. Beberapa bagian dari kehidupan seperti keluarga, pekerjaan, keuangan, property (harta milik), studi, pelayanan dan sebagainya juga harus didoakan dan diusahakan agar senantiasa baik dan sehat.

Situasi ini tentu perlu menjadi perhatian oleh setiap orang, termasuk kamu ataupun orang-orang yang melayani. Persoalannya, banyak dari setiap kita yang aktif dalam melayani terpaku pada pelayanan yang bersifat rohani saja, seperti: kebaktian, persekutuan, pemahaman Alkitab, renungan, ceramah rohani. Padahal, pelayanan Tuhan Yesus merupakan pelayanan yang utuh. Dia mengabarkan Injil dan mengajar orang banyak (aspek rohani), tapi juga menaruh kepedulian pada kesembuhan orang sakit (aspek jasmani). Demikian pula sebaiknya dengan kita, IA harus memiliki pelayanan yang utuh.

Jika saat ini kita bicara tentang kesehatan, maka sesungguhnya bukan hanya kesehatan rohani yang perlu diperhatikan, walau bagi sebagian orang, hal ini nampaknya lebih diperhatikan, padahal kesehatan jasmani juga sangat penting untuk diperhatikan. Mengapa demikian? Karena Allah di dalam Yesus Kristus pun peduli dengan kesehatan jasmani kita.

Jasmani berarti keadaan tubuh (fisik), hal ini seharusnya selalu kita doakan dan usahakan kesehatannya. Lebih baik setiap hari berdoa untuk kesehatan kita agar senantiasa dalam perlindungan Tuhan, sebab banyak bakteri, virus, kondisi cuaca, pengaruh makanan dan sebagainya yang bisa menurunkan kualitas kesehatan dan menyebabkan sakit-penyakit, serta menghambat produktif kita sehari-hari.

Dalam mengusahakan dan menjaga kesehatan dapat diperoleh dengan beberapa cara antara lain berolah raga, cukup waktu istirahat, menjaga pikiran agar tidak stress, menjaga pola makan yang seimbang dan sehat serta menjauhi kebiasaan yang buruk (merokok, miras, narkoba dan seks bebas). Tuhan mengaruniakan tubuh yang sehat, sehingga menjadi tugas kita menjaganya agar senantiasa baik-baik dan sehat-sehat.

Mens Sana In Corpore Sano, adalah sebuah kutipan yangsering kita dengarkan yag berarti, Di dalam Tubuh Yang Sehat Terdapat Jiwa Yang Kuat. Kita perlu menjadi sehat, karena hanya dalam keadaan tubuh yang sehat, kita bisa punya banyak kesempatan untuk membuahkan kebenaran dalam tindakan (aksi nyata). Tubuh jasmani yang sehat membuka lebih banyak kesempatan untuk mewujudkan hal-hal baik yang bersifat rohani.

Bagaiamana dengan kondisi kesehatan jasmani kamu saat ini, Sahabat Revivo?

Tags:
0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Revivo. All Rights Reserved

Log in with your credentials

Forgot your details?