Menjaga dan Memelihara Kesehatan Tubuh

Usia kita di tangan Tuhan dan kematian terjadi atas kuasa Tuhan. Namun, menjaga dan merawat tubuh sepenuhnya keputusan kita. Bukan salah kita kalau dilahirkan dalam kondisi sakit atau berkebutuhan khusus. Menjadi salah kita, kalau dilahirkan dalam kondisi sehat dan tumbuh sehat, lalu menjadi sakit-sakitan karena tidak menjaga dan merawat tubuh. Mari kita hargai kehidupan dan usia yang Tuhan berikan kepada kita sampai sekarang, dengan memelihara dan merawat tubuh supaya sehat dan kuat.

Perhatikan hidup Kaleb. Ia orang yang setia mengikut Tuhan dengan sepenuh hati (Yosua 14:1-15). Bukan hanya dalam hal rohani saja Kaleb menjaga diri, tubuh jasmaninya pun ia jaga dengan sebaik-baiknya. Ia sadar tubuhnya adalah pemberian Tuhan yang harus dijaga baik-baik dan ia tahu janji Tuhan kepadanya harus didapatkan dengan usaha. Untuk mendapatkan Hebron, ia harus berperang dan hal itu butuh kekuatan fisik. Tidak heran, meski usianya sudah 85 tahun, “… aku masih sama kuat seperti pada waktu aku disuruh Musa; seperti kekuatanku pada waktu itu demikianlah kekuatanku sekarang untuk berperang dan untuk keluar masuk.”(Yosua 14:11).

Mari mulai komitmen pola hidup yang sehat setiap hari, dengan berolahraga, mengkonsumsi makanan yang bergizi dan sehat, serta tidur yang cukup. Saat memikirkan kesehatan, tubuh harus mendapatkan perhatian yang maksimal, seperti memperhatikan jiwa dan roh kita. Alkitab menekankan bahwa Tuhan merancangkan masa depan yang penuh harapan. Mungkin kita perlu melihat ulang keputusan demi keputusan yang kita ambil; apakah kita merawat atau malah mengeksploitasi tubuh, jiwa, dan roh yang Tuhan sudah percayakan kepada kita.

Jika pada pagi ini kamu bangun dan merasa bahwa tubuhmu lemah dan tidak bersemangat, baik itu karena usia, penyakit atau kebiasaan hidup yang kurang baik, marilah kita memikirkan apa yang bisa kita perbuat untuk memperbaiki keadaan. Kita harus selalu berdoa memohon agar Tuhan memberi kita kebijaksanaan agar tidak meniru mereka yang menyia-nyiakan kesempatan yang ada untuk mempunyai kesehatan yang baik. Sebaliknya kita harus memilih cara hidup yang sehat, healthy living, agar kita dapat memakai kekuatan tubuh jasmani kita selama mungkin untuk tujuan-tujuan yang baik demi kemuliaan Tuhan. Itulah yang dikehendaki Tuhan selama kita hidup di dunia ini.

“Sebab yang sangat kurindukan dan kuharapkan ialah bahwa aku dalam segala hal tidak akan beroleh malu, melainkan seperti sediakala, demikianpun sekarang, Kristus dengan nyata dimuliakan di dalam tubuhku, baik oleh hidupku, maupun oleh matiku.” Filipi 1: 20

 

Tags:
0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Revivo. All Rights Reserved

Log in with your credentials

Forgot your details?