Perlunya Komitmen Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Hidup ini merupakan sebuah pilihan. Sejak kita bangun dari tidur sampai kita menutup hari, tidak mungkin kita tidak membuat pilihan. Kita memilih untuk bangun pagi atau bangun lebih siang, kita memilih pergi atau tetap di dalam rumah, kita memilih apa yang akan kita makan, kita juga memilih untuk santai seharian atau bekerja, dan berbagai pilihan lainnya yang kita lakukan. Hidup kita adalah kumpulan dari keputusan-keputusan yang kita ambil atas pilihan-pilihan yang ada, dan kita jalani dengan komitmen. Begitu pula dengan kesehatan kita, kesehatan tubuh kita adalah sebuah pilihan yang harus kita tentukan. Kita tidak dapat meminta orang lain melakukan latihan untuk kebugaran tubuh kita, dan pilihan yang kita ambil akan menjadi dampak bagi diri kita di masa yang akan datang.

Ada ungkapan mengatakan bahwa “kesehatan itu bukan segala-galanya, tapi tanpa kesehatan segala-galanya tidak berarti”. Namun demikian jika itu hanya sebatas perkataan dan tidak ada penerapan maka perkataan tersebut sia-sia. Manusia merupakan makhluk yang selalu mendambakan hidupnya dalam keadaan sehat secara paripurna baik fisik, mental, sosial dan spiritual. Salah satu upaya untuk mencapai dambaan itu tiap orang harus berupaya dan memiliki komitmen untuk menjaga kesehatannya. Apalagi tuntutan zaman yang serba cepat sekarang ini telah menjadikan sebagian orang lebih menyukai pola makan serba instan meski pun hal itu akan berdampak negatif terhadap kesehatan tubuh.

Jika kita memahami bahwa hidup kita ini bukanlah untuk diri kita sendiri lagi, tetapi untuk kemuliaan nama Tuhan, maka pilihan-pilihan yang kita ambil haruslah tepat dan sesuai dengan kehendak-Nya. Tuhan mau kita memiliki tubuh yang sehat dan bugar, karena dengan itulah hidup kita akan maksimal.

Oleh karena itu, mulai hari ini jagalah kesehatan dan kebugaran kamu dengan berolahraga, makan makanan yang sehat, jangan merokok dan jangan minum minuman keras, atau melakukan hal-hal lain yang dapat merusak kesehatan kamu. Ingat sebuah pepatah Latin yang berkata, “Mens sana in corpore sano,” yang artinya “Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat.”  Saat jiwa atau pikiran kuat, maka kamu akan mampu menghadapi tantangan di dalam hidup kamu.

Ambillah komitmen untuk menjaga diri kita dengan lebih baik lagi untuk kemuliaan Tuhan. Bukan hanya menjaga hati dan kekudusan, tetapi juga kesehatan kita. Sebab melalui tubuh kitalah, Tuhan menggenapi tujuan dan panggilan-Nya bagi kita di bumi ini.

Tags:
0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Revivo. All Rights Reserved

Log in with your credentials

Forgot your details?