ALASAN UNTUK MELAKUKAN POLA HIDUP SEHAT

Pada 1 Korintus 6:19-20, jelas tubuh kita adalah bait Roh Kudus. Ini saja sudah bisa menjadi alasan yang cukup bagi kita untuk memedulikan tubuh kita. Akankah tubuh kita yang adalah bait Roh Kudus ini kita isi atau kita “hiasi” dengan minyak atau lemak dan makanan yang kurang baik? Apalagi, diri kita bukanlah milik kita sendiri lagi; kita telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar, sehingga kita memunyai tanggung jawab untuk memuliakan Allah dengan tubuh kita yang sehat ini.

Tuhan ingin menggunakan kita dalam tugas-Nya, maka kita harus menjadi sehat dan energik dalam melaksanakan kehendak-Nya. Ini adalah tanda hormat kita kepada-Nya. Selain itu kita juga melakukan kegiatan setiap harinya dari mulai bekerja, belajar, makan, tidur, bersosial, dan juga mengisi waktu senggang. Semua kegiatan tersebut harus diatur dalam pola hidup yang sehat.

Buat kamu yang masih mencari-cari jawaban atau alasan untuk menjalani pola hidup sehat, berikut alasannya:

1. Mencegah Penyakit
Menerapkan pola hidup sehat dapat mencegah berbagai macam penyakit. Dalam pola hidup sehat, seseorang tidak akan merokok, memakan makanan yang sehat, tidur serta istirahat yang cukup, dan berolah raga secara teratur.

2. Memperpanjang Umur
Dilansir dari Harvard Health Publishing, satu kebiasaan sehat saja dapat memperpanjang harapan hidup seorang manusia hingga dua tahun. Sehingga pola hidup sehat yang mengandung banyak kebiasaan sehat dapat memperpenjang umum manusia lebih lama.

Maka, semakin sehat pola hidup seseorang, maka semakin panjang umur mereka. Hal tersebut dikarenakan semakin kecilnya kemungkinan orang dengan pola hidup sehat untuk menderita penyakit yang mengakibatkan kematian.

3. Menghemat Uang
Dengan menerapkan pola hidup sehat, seseorang menjadi lebih sehat dan jarang terkena penyakit. Sehingga memperkecil kemungkinan mengeluarkan uang untuk melakukan pengobatan dan membeli obat yang dapat menghemat lebih banyak uang.

4. Mengurangi Stres
Ternyata gaya hidup sehat dapat membantu mengelola respons stress dengan baik, memungkinkan kita menghindari bahkan membalikan efek stres kronis. Hal tersebut dikarenakan gaya hidup sehat membantu kita membentuk kedisiplinan, melepaskan rasa frustasi dan stress, mengurangi stres karena menderita sakit, meningkatkan ketahanan tubuh akan kegiatan fisik dan psikis, juga melepaskan hormon kebahagiaan seperti endorfin.

5. Menjadi Berkat dan Dampak
Memiliki tubuh yang sehat juga menjadikan kita sebagai alat Tuhan untuk menjadi saluran berkat bagi sekitar. Tidak hanya itu, dengan kondisi tubuh yang vit/sehat kita dapat melakukan tanggung jawab dengan baik. Selain itu, kondisi tubuh yang sehat juga memampukan kita untuk melayani Tuhan secara maksimal dan memuliakan nama-Nya

Tags:
0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Revivo. All Rights Reserved

Log in with your credentials

Forgot your details?