Sehat Secara Jasmani

1 Korintus 3:16

Sebuah perumpamaan mengatakan bahwa ‘kebiasaan buruk memang sulit untuk diubah’. Mari membandingkannya dengan cara seorang pilot menerbangkan pesawat. Saat pesawat akan terbang dibutuhkan usaha agar saat lepas landas, pesawat bisa melepaskan rodanya dan melayang lebih tinggi. Hal ini juga berlaku dengan tubuh dan kesehatan kita. Untuk membuat sebuah perubahan yang drastis, dibutuhkan usaha keras untuk mengubahnya. Pola pikirlah yang harus diubah terlebih dahulu, bukan sekadar memiliki kemauan belaka.

Saat ini banyak orang mulai menyadari bahwa tubuh yang sehat adalah aset berharga sehingga perlu dijaga. Namun tidak sedikit juga orang-orang yang tidak memperdulikan kesehatan tubuh dan cenderung cuek. Ada banyak cara yang dilakukan untuk menjaga kesehatan, mulai dari mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, istirahat yang cukup hingga melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Tentu saja merawat kesehatan jasmani itu perlu dan harus dilakukan, karena dengan tubuh yang sehat kita dapat melakukan berbagai aktivitas dengan maksimal.

Sebenarnya apa arti sehat secara jasmani menurut Firman Tuhan?

Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?

-1 Korintus 3:16

Pada Firman Tuhan tesebut sangat jelas dikataka bahwa tubuh yang kita miliki adalah “bait Allah”. Bagaimana kamu menghormati Allah dengan tubuhmu? Caranya adalah dengan terlebih dahulu memahami bahwa ‘tubuh adalah bait Allah’. Dengan pola pikir ini, kita diharapkan bisa menjaga tubuh tersebut dari segala penyakit, kebiasaan buruk dan menghindari makanan yang tidak sehat. Terlebih kita semua tahu bahwa kita diciptakan untuk menjalankan visi dan misi-Nya. Tuhan ingin menggunakan kita dalam tugas-Nya, maka kita harus menjadi sehat dan energik dalam melaksanakan kehendak-Nya. Ini adalah tanda hormat kita kepada-Nya.

Untuk terus menjalankan kebiasaan sehat, penting sekali berbagi komitmen hidup sehat bersama orang lain. Ajaklah pasangan, anak-anak atau teman-teman Anda untuk mulai menjalankan gaya hidup sehat sehari-hari. Mulai berolahraga, makan teratur dan memperbanyak asupan nutrisi. Lihatlah, kelak Anda akan menyadari bahwa kebenaran firman Tuhan yang Anda praktikkan dalam hidup Anda akan menghasilkan buah yang baik, yaitu memperoleh umur panjang di tanah yang diberikan Tuhan kepadamu.

Selamat menjalani hidup sehat dan bahagia teman-teman!

Tags:
0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Revivo. All Rights Reserved

Log in with your credentials

Forgot your details?