Selamat Hari Kartini: Perempuan Indonesia Mampu Menjadi Terang

Habis gelap, terbitlah terang! Itulah nama buku yang berisikan kisah hidup dan surat-surat RA. Kartini yang diterbitkan pertama kali tahun 1911. Judul buku sekaligus slogan ini mengungkapkan bahwa manusia tidak selamanya mengalami kesedihan, tetapi pasti juga akan mengalami kebahagiaan. Langit tidak selamanya berawan, pasti juga akan cerah. Gelap tidak selamanya mewarnai hidup, terang pasti akan terbit. Maka orang tidak boleh terus menerus berlarut dalam kesusahan hati, badai pasti akan berlalu.

Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang, supaya setiap orang yang percaya kepada-Ku, jangan tinggal di dalam kegelapan.”-(Yoh 12:46)

Hari ini, 21 April merupakan salah satu hari bersejarah bangsa Indonesia. kita memperingati hari Kartini. Kartini adalah nama seorang wanita yang dianggap sebagai pelopor gerakan emansipasi wanita di Indonesia, suatu usaha menuntut persamaan hak kaum wanita terhadap pria di segala bidang kehidupan. Emansipasi ini bertujuan memberi wanita kesempatan belajar, bekerja dan berkarya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

R.A Kartini sudah menjadi terang di saat kegelapan mengenai kesetaraan dan hak-hak wanita yang tidak mungkin di dapatkan. Atas perjuangan RA Kartini itulah, kini kita bisa melihat perempuan-perempuan Indonesia yang hebat. Para perempuan tidak hanya berprofesi sebagai ibu rumah tangga tetapi juga ikut berpartisipasi dalam memberi warna kehidupan masyarakat dengan berbagai profesi serta kegiatan-kegiatan pembangunan dan sosial baik skala nasional hingga mengharumkan nama Indonesia di skala Internasional.

Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi”-Matius 5:14

Firman Tuhan di atas jelas menegaskan: siapapun kita, usia berapapun, dan dalam kondisi apapun, kita dipanggil Tuhan dengan seruan “Kamu adalah terang dunia.” Perjuangan Kartini belum selesai, menjadi “Kartini” dengan cara dan panggilan yang berbeda-beda.

Mari kita telisik lebih dalam lagi. Apakah kita sudah menjadi terang bagi sesama kita tanpa pandang bulu? Sudahkah kita meneladani Yesus Kristus saat berlaku sebagai terang dunia di tengah keluarga, lingkungan, gereja, kota, dan bangsa ini?

Melalui peringatan hari Kartini ini kita semua dapat memberi makna atas perjuangan Kartini. Perjuangan Kartini akan senantiasa menjadi warisan yang luhur, abadi dan menjadi amanah yang patut diteruskan serta menjadi inspirasi perjuangan dan pembelajaran pagi para perempuan di Indonesia. Dengarkan juga playlist Remarkable Women dan Words by Gea Denanda di aplikasi Revivo! Kiranya Tuhan memampukan seluruh perempuan di Indonesia dan dimana pun berada untuk menjadi terang dunia dan menerangi sesama. Amin!

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Revivo. All Rights Reserved

Log in with your credentials

Forgot your details?