While We Are Waiting

Kita tentu pernah berada dalam masa penantian dan menunggu, atau mungkin saat ini sedang berada dalam musim tersebut, baik itu masa menunggu pekerjaan baru, membangun usaha/bisnis, finansial, ataupun menantikan pasangan hidup. Waiting season can be tiring, dan kita seringkali merasa pada saat kita menunggu, Tuhan seperti diam dan doa kita tidak dijawab-Nya, justru di saat inilah Tuhan sedang bekerja dalam dan melalui kita, kita seringkali fokus pada hasil yang ingin kita dapatkan dari Tuhan, padahal Tuhan bisa bekerja melalui cara-Nya untuk mempersiapkan hati kita sebelum kita menerimanya.

Kita tidak perlu iman bila apa yang kita minta dan inginkan selalu diberikan Tuhan pada waktu yang kita inginkan. Karena itu Tuhan ingin kita memiliki pengharapan agar kita dapat embrace musim kehidupan kita dan memberikan ruang untuk mengizinkan Tuhan bekerja dalam dan melalui kehidupan kita. “Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus.” (Efesus 1:18)

Beberapa hal yang saya pelajari selama melalui masa penantian :

#1 Masa Penantian : Proses Pemangkasan Dari Tuhan (pruning)

Memangkas cabang ranting sebuah pohon karena cabang tersebut bisa menyerap nutrisi pada pohon, sama halnya dengan hal-hal yang Tuhan perlu pangkas dalam hidup kita seperti ego, kekhawatiran, selfishness, atau apapun yang di luar kendali kita yang dapat mencuri sukacita dan damai sejahtera dari diri kita. Dengan itu Tuhan mempersiapkan kita untuk dapat berbuah dan memasuki musim yang baru. “Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku.” (Yoh 15:4b)

#2 Treasure The Wait

Masa menunggu kadang menjadi musim kita untuk menemukan hal-hal baru yang perlu kita coba dan lakukan kembali, masa untuk mengenal diri kita lebih baik lagi, mengenali potensi diri kita dan hal-hal yang mungkin kita tidak sadari selama ini. Lihat kembali siapa saja orang-orang yang berada di sekeliling kita untuk memastikan apakah kita berada di tempat yang tepat dalam musim kita ini. Re-connect dan membangun kembali hubungan dengan orang-orang yang membangun kita dan memberikan influence yang baik. Remember, your waiting season is never a waste of time. Jangan meragukan apa yang Tuhan dapat lakukan atas kita saat kita sedang menunggu, karena Tuhan dapat melakukan apa yang melampaui akal pikiran kita, dan Tuhan tidak pernah menahan kebaikan dan hal-hal yang berguna untuk kita. Keep improving ourselves!

#3 Wait in His Presence

Untuk mendapatkan sesuatu yang baru dan lebih besar, diperlukan kapasitas yang lebih besar dan kedewasaan untuk take bigger responsibilities. Tuhan yang tau apakah kita sudah siap menerima atau belum. Tuhan mau mempersiapkan hati dan memperbesar kapasitas hati kita terlebih dahulu untuk menerima berkat baru. Hanya tuhan yang bisa celikkan mata kita untuk melihat dari kacamataNya. Menunggulah dalam Tuhan, bangun hubungan lebih dengan Tuhan setiap hari untuk semakin peka akan apa yang Ia ingin kita lakukan dan kita tidak lagi merasa menunggu dengan sia-sia. “Tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.” (Yesaya 40:31)

Oleh: Anindhita Indira (Indy)

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Revivo. All Rights Reserved

Log in with your credentials

Forgot your details?