Menjadi Dewasa dalam Kristus

Dewasa bukanlah perihal pertumbuhan fisik semata. Kedewasaan seseorang juga tidak ditentukan berdasarkan usia. Meski umur bertambah, belum tentu cara pikir juga bertambah matang. Tak jarang, ada orang yang usianya tinggi masih memiliki sikap dan pola pikir kekanak-kanakan. Di sisi lain, tak sedikit pula orang berusia muda yang menunjukkan kedewasaan dalam berpikir, bertindak, dan mengambil keputusan.

Lalu, apa makna menjadi dewasa bagi orang Kristen?

Saudara-saudara, janganlah sama seperti anak-anak dalam pemikiranmu. Jadilah anak-anak dalam kejahatan, tetapi orang dewasa dalam pemikiranmu! – 1 Korintus 14:20

Menjadi orang Kristen yang dewasa berarti Kamu bertumbuh tidak hanya dalam pola pikir, tetapi juga secara rohani. Dan, ini adalah sebuah proses yang harus Kamu lakukan terus-menerus, bukan sesuatu yang bisa diperoleh secara instan.

Berikut hal-hal yang perlu Kamu lakukan untuk menjadi seorang Kristen yang dewasa;

1. Selalu Ingin Belajar

Dan jadilah sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani, supaya olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan. – 1 Petrus 2:2

Ketika Kamu memutuskan menjadi murid Yesus yang sejati dan mengikut Tuhan, kamu ibarat bayi yang baru lahir. Dan, nutrisi terbaik untuk bayi adalah air susu murni. Demikian pula, untuk menjadi seorang Kristen yang dewasa, Kamu harus mengisi diri dengan hal-hal murni, antara lain:

Belajar menggali firman Tuhan lebih dalam (Mazmur 1:2)

Berdoa (Lukas 11:1)

Belajar membagikan iman Kamu dan meyakinkan orang lain akan firman Tuhan (2 Timotius 4:2)

Membimbing orang ke jalan Tuhan dan memimpin di dalam Tuhan (Kolose 1:28)

Takut akan Allah dan berpegang pada perintah-Nya (Ulangan 17:19)

Percaya kepada Tuhan dalam segala hal (Yohanes 11:15)

Belajar taat, berserah, dan melakukan hal yang benar meskipun sulit (Ibrani 5:8)

Kemauan belajar adalah salah satu syarat dalam bertumbuh. Tak ada kata cukup untuk belajar. Belajar menjadikan Kamu manusia yang lebih baik setiap hari. Jadi, belajarlah tanpa henti, seumur hidup Kamu, agar Kamu semakin dilengkapi dan disempurnakan di dalam Tuhan.

2. Bertumbuh ke Arah Kristus

… tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala. – Efesus 4:15

Untuk menjadi Kristen yang dewasa, kamu harus bertumbuh semakin mirip Kristus, sesuai dengan kebenaran yang kamu terima. Bertumbuhlah senantiasa, bukan supaya dilihat orang, supaya diperhitungkan, dipercaya maju ke mimbar, atau dipilih jadi pemimpin. Bertumbuhlah karena kasih mu kepada Tuhan, oleh kerinduan untuk semakin serupa dengan Yesus Kristus.

Tumbuhkan lima karakter ini agar hidup rohani kamu semakin dewasa:

1. Bertumbuh dalam karakter

Dari yang tadinya selalu ingin menyenangkan orang lain, Kamu lebih fokus menyenangkan hati Tuhan. Kamu lebih tekun dan pantang menyerah menghadapi masalah dan tantangan hidup (Roma 12:12).

2. Bertumbuh dalam kebiasaan yang baik

Misalnya, kamu tidak melewatkan ibadah Minggu, persekutuan pertengahan minggu, pembimbingan pribadi, dan waktu berkumpul bersama saudara-saudari seiman (Ibrani 10:25).

3. Bertumbuh dalam kasih

Kamu mengasihi dengan tulus, tidak mengharapkan balasan, tidak pilih kasih, tanpa syarat, rela berkorban, dan mudah mengampuni (1 Yohanes 4:11).

4. Bertumbuh dalam cara pikir

Kamu tidak lagi memakai stkamur dunia, tetapi fokus pada perkara-perkara Allah (Kolose 3:1-2). Tidak sibuk memikirkan hal-hal yang terlalu tinggi dan mempersoalkan hal-hal sepele, tapi berpikir sederhana, dengan cara pikir yang benar dan sesuai firman Tuhan (Roma 12:16).

5. Bertumbuh menjadi ciptaan baru

Kamu meninggalkan manusia lama (Kolose 3:9), sehingga menjadi pribadi yang lebih baik dan tidak lagi diperbudak oleh dosa.

Ketika Kamu memiliki hati yang selalu mau belajar dan bertumbuh, Kamu akan bertransformasi menjadi pribadi yang seutuhnya berbeda! Jangan biarkan dunia membentuk Kamu, tetapi biarkan Tuhan yang membentuk Kamu menjadi seorang Kristen yang dewasa. Dengan kedewasaan rohani, kamu bukan hanya semakin kuat dan setia, melainkan juga dapat membantu orang lain mengenal Tuhan dan bertumbuh di dalam-Nya.

Tags:
0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Revivo. All Rights Reserved

Log in with your credentials

Forgot your details?