Pelajaran Berharga Saat Sedihnya Kehilangan Orang Terkasih

Pernah kah kamu merasakan kehilangan? Mungkin kehilangan orangtuamu atau saudaramu, atau temanmu, atau kekasihmu atau hewan peliharaanmu? Memang, kematian adalah hal yang sangat menyakitkan dan sesuatu yang sangat menyedihkan bagi banyak orang. Tapi itu hanyalah salah satu dari sekian banyak hal yang membuat kita sedih di dunia ini. Karena sebenarnya, ada banyak masalah yang membuat kita bersedih dalam menjalani hidup ini.

Setiap pertemuan akan ada pula perpisahan. Tidak mudah untuk melepaskan seseorang yang kita kasihi dipanggil oleh Tuhan terlebih dahulu. Kehilangan semangat bahkan tujuan hidup pasti Sebagian dari kita pernah mengalaminya saat ada orang yang terkasih berpulang ke rumah Bapa terlebih dahulu.

Ada masa dimana kita merasa tidak bisa menerima apa yang terjadi dalam kehidupan ini. Tetapi, kita harus tahu bahwa penyertaan Tuhan senantiasa ada atas kita. Dia akan terus setia dan hadir dalam setiap langkah kehidupan kita. Kehilangan membuat kita bergantung pada Tuhan dan menantikan karya Tuhan dalam kehidupan kita. Tapi di atas semua penderitaan, kesedihan dan kehilangan yang berkali-kali yang kita alami, Tuhan berjanji bahwa Dia ambil kendali.

“Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.”
(Roma 8: 28)

1. Kita perlu kehilangan untuk semakin melekat dengan Tuhan

Baik itu ditinggal oleh keluarga, teman atau orang lain yang cukup dekat dengan kita, mungkin kata kehilangan sudah pernah kita rasakan. Percaya deh, kehilangan merupakan bagian dalam kehidupan ini. Ketika berhasil menerima kehilangan tersebut, kita akan belajar untuk memaknai kehidupan dengan cara yang lebih baik lagi.

Kita perlu menyadari kalau kehilangan ini tidak boleh menguasai kehidupan yang kita jalani ini. Jika saat ini kita merasa terpuruk, ingatlah kembali kalau janji Tuhan adalah Ya dan Amin. Mintalah untuk memiliki kerelaan hati dan memiliki sikap berserah kepadaNya.

2. Saat kehilangan, kita juga akan mendapatkan

Tidak mudah menerima sebuah kehilangan. Sosok orang terdekat tersebut kerap hadir dalam setiap lamunan kita. Kenangan bersama mereka adalah pengalaman berharga yang tidak ingin kita hapuskan. Maka, jangan pernah mencoba untuk melupakannya. Sebaliknya, simpan setiap kenangan manis dan pahit dari mereka yang telah berpulang.

Dalam kehilangan tersebut, kita bisa melihat orang-orang yang ada disekeliling. Ada banyak hal yang bisa kita syukuri. Salah satunya adalah mereka yang siap hadir untuk menemani masa kehilangan kita. Kehilangan juga membuat kita menyadari kalau Tuhan hadir dalam keterpurukan tersebut. Ia siap menghibur hati kita yang terluka karena kehilangan.

3. Memberi dorongan untuk kehidupan yang lebih baik

Seusai kehilangan, kita pasti menginginkan kalau semuanya menjadi lebih baik. Kehilangan mengajarkan kita kalau kehidupan ini sangat singkat. Karenanya, kita harus mengasihi mereka yang masih ada bersama sekarang ini.

Usia merupakan teka-teki yang tidak bisa dipecahkan oleh kita sebagai manusia. Karenanya, hal ini akan memberi dorongan kepada kita untuk terus memberikan yang terbaik bagi orang lain dan diri kita sendiri.

Saat kehilangan, kita boleh bersedih dan menangis. Awalnya memang tidak mudah. Namun, dalam kesendirian dan keterpurukan tersebut, coba berilah ruang agar Tuhan mengisi hati kita yang kosong.

Tags:
0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Revivo. All Rights Reserved

Log in with your credentials

Forgot your details?