Musisi Bisa Produktif Di Tengah Pandemi Virus Corona

Dunia hiburan sedang berduka akibat ancaman virus corona yang menyerang di beberapa negara, termasuk Indonesia. Akibatnya banyak perjalanan tur musisi, konser musik musisi lokal dan Internasional, hingga tur album yang sedang diproyeksikan pada tahun 2020 tidak berjalan dengan baik bahkan ada yang ditunda karena kabar tersebut. Tak sedikit yang menyesalkan pembatalan atau penundaan yang terjadi. Namun sekali lagi, musibah ini juga demi kepentingan semua umat manusia, tak terkecuali musisi.

Di mana pun kamu berada dalam spektrum antara ketidakseimbangan dan kepanikan, jelas bahwa Coronavirus akan secara drastis membentuk kembali cara hidup kita, setidaknya untuk beberapa bulan ke depan, dan itu sesuatu yang harus ditanggapi dengan serius. Musisi pun telah memilih atau dipaksa untuk menerima kerugian finansial yang sangat besar dampak dari Virus Corona.

Meskipun sulit untuk melukiskan banyak hal tentang situasi ini, Revivo memiliki tips, saran, dan dorongan untuk sahabat Revivo yang mungkin adalah pekerja seni agar tetap produktif hingga waktu henti pandemik yang tidak terduga ini berakhir.

1. Pindahkan kegiatan musikmu sebisa mungkin ke platform daring (online), seperti menampilkan karya di Patreon/Karyakarsa, tawarkan workshop/gigs daring. Jika Kamu memiliki pengikut yang cukup besar, Kamu bahkan dapat melakukan serangkaian streaming langsung pribadi pada aplikasi-aplikasi streaming berbayar, satu untuk setiap tanggal tur yang Kamu batalkan. Jika Kamu seorang seniman yang baru muncul, Kamu dapat membuat semua siaran streaming langsung Kamu menjadi publik dan gratis hanya untuk membangun keterlibatan apa pun yang terjadi. Streaming langsung juga dapat menguntungkan, jadi pastikan untuk menggunakan tautan PayPal.me, Venmo atau nomor rekening dalam deskripsi video atau komentar untuk mendorong penggemar atau pendengarmu memberikan sumbangan.

2. Arahkan pendengar atau penggemar untuk mendengarkan lagu-lagu kamu di platform streaming.

3. Jual karya seperti t-shirt, topi, atau merchandise resmi musisi via internet melalui online store seperti e-commerce atau melalui website resmi. Arahkan penggemar atau pendengar untuk mendukung kamu dengan membeli di official online store, e-commerce, website resmi.

4. Menonton video dan mencari referensi-referensi musik, pertunjukan,karya untuk memperkaya ide.

5. Memulai atau melanjutkan menulis karya yang sempat tertunda.

6. Kumpulkan dana untuk kegiatan mendatang lewat Kolase/KickStarter.

7. Musisi tetap menggunakan kemampuannya untuk memberikan atau menyebarkan informasi yang benar dan terpercaya mengenai COVID-19 dan menyemangati sesama.

8. Dukung sesama musisi dan saling menularkan semangat berkarya agar tetap mendapatkan penghasilan. Menanyakan kabar teman-teman musisi yang rejekinya tertunda akibat penyebaran virus dan membantunya jika perlu.

9. Banyak musisi terbiasa bekerja dengan anggaran ketat. Dan saat ini para musisi-musisi tersebut menghadapi sedikit ketidakstabilan finansial. Pada saat yang sama musisi adalah beberapa orang dengan perlengkapan terbaik untuk menghadapi tantangan itu. Bukan berarti hal ini membuatnya lebih mudah, tetapi dipraktikkan untuk membatasi pengeluaran dapat membantu melewati masa-masa ini. Jadi, cermat dalam melakukan pengeluaran. Membuat catatan tentang berapa pengeluaran yang dibutuhkan setiap bulannya.

10. Gunakan kesempatan dan waktu luang yang lebih banyak dirumah bersama keluarga atau orang terdekat.

Teman-teman musisi semua, mari menjadikan self-quarantine untuk sesuatu yang produktif, yang akan memberikan manfaat di masa depan. Tetap semangat berkarya!

Tags:
0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Revivo. All Rights Reserved

Log in with your credentials

Forgot your details?