Kamu Merasa Takut?

Kamu Merasa Takut? Inilah Hal Yang Dapat Kamu Lakukan.

Hanya dalam hitungan minggu setelah dikonfirmasinya dua orang Warga Negara Indonesia positif korona, klasifikasi coronavirus (COVID-19) meningkat dari wabah, menjadi epidemi, menjadi pandemi tidak hanya di Indonesia bahkan secara global. Hampir semua orang mengalami kepanikan hingga melakukan berbagai hal termasuk membeli masker, hand sanitizer, dan bahan pokok dalam jumlah yang ekstrem.

Semua orang memiliki reaksi yang berbeda-beda terhadap krisis dan ketakutan. Tapi, dalam masa-masa sulit dan tidak pasti seperti ini, bagaimana orang Kristen harus merespon?

1. Selalu Update Informasi dan Hanya Sebarkan Informasi yang Benar

Ditengah kepanikan ini, ada begitu banyak berita hoax yang beredar. Itu sebabnya, sebagai orang Kristen kita dapat membantu dengan mencari informasi yang akurat dari organisasi medis seperti Center for Disease Control dan World Health Organization. Berbagi fakta dan informasi yang benar.

2. Jangan Menyerah Pada Rasa Takut

Sementara dunia hidup dalam ketakutan, orang-orang Kristen harus melihat kedamaian dan kuasa Tuhan dan menjadi pengharapan yang ditemukan dalam nama-Nya.

Iman dapat menjadi penguat disaat kita merasa takut, dan tidak ada yang memperkuat iman orang percaya seperti janji-janji Allah.

Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus. (Filipi 4: 6-7).

3. Lakukan Kebersihan Pribadi

Hal ini sangat penting, karena kebersihan adalah hal utama yang harus diperhatikan. Selalu waspada dengan lingkungan sekitar, dan tidak sembarangan memegang atau menyentuh area publik. Karena bisa jadi, itu adalah area yang rentan dan sangat sering disentuh oleh publik.

Sering mencuci tangan, karena dengan mencuci tangan dengan sabun karena kuman atau virus akan mudah tersapu oleh air. Hal itu dilakukan apabila tidak ada alkohol atau hand sanitizer.

Jangan menyentuh beberapa area sensitif di wajah, seperti hidung, dan mulut sembarangan. Cucilah tangan sebelum menyentuh beberapa area tersebut. Dikhawatirkan, jika tidak mencuci tangan, virus akan masuk dan menempel di area-area tersebut.

4. Jaga Jarak, Hindari Keramaian

Seperti disebutkan sebelumnya, pandemi global seperti coronavirus berdampak lebih dari sekadar kesehatan fisik dan kesejahteraan kita. Untuk mengurangi penyebaran virus, sebagian besar pusat acara, arena olahraga, dan pertemuan publik telah ditutup sementara dan acara mereka dibatalkan atau ditunda.

Walau terkesan berlebihan namun menunda pertemuan publik besar dapat mengurangi jumlah orang yang akan terpapar virus corona dalam beberapa bulan mendatang. Dengan melakukan itu, hidup akan diselamatkan.

Hanya karena kamu sehat dan cukup kuat untuk melawan virus tidak berarti orang lain di sekitarmu juga sehat. Dan hanya karena kamu saat ini tidak memiliki gejala bukan berarti kamu tidak terinfeksi atau tidak mampu menyebarkan virus ke orang lain. Maka dari itu, hindarilah keramain dan kerumunan.

Karena semakin banyak orang berkumpul, tingkat penyebaran virus ini akan semakin luas. Hindarilah melakukan pertemuan dengan orang lain untuk sementara waktu. Hal ini dilakukan dalam rangka meminimalisir kontak fisik yang bisa dilakukan.

Tags:
0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Revivo. All Rights Reserved

Log in with your credentials

Forgot your details?