z8 Tips Mengatasi Rasa Khawatir Terhadap COVID-19

COVID-19 atau yang lebih dikenal dengan virus corona yang ditemukan pertama kali pada akhir Desember 2019 di Kota Wuhan, China. Virus corona ini menyebar dengan cepat ke beberapa negara lainnya, sehingga menyebabkan ketakutan bagi setiap orang. COVID-19 merupakan jenis virus yang menyerang sistem pernapasan sehingga menyebabkan gangguan sistem pernapasan akut yang bisa mengakibatkan kematian.

Gejala dari COVID-19 penderita dapat mengelami demam tinggi, flu seperti hidung berair, sakit kepala, batuk, radang tenggorokan, sesak napas, sampai terasa nyeri pada bagian dada. Selama wabah ini ada, negara Indonesia merupakan negara yang negative dari virus corona. Namun pada awal Maret 2020 dikabarkan bahwa ada warga negara Indonesia yang positif terkena virus corona.

Hal tersebut membuat resah serta ketakutan bagi warna negara Indonesia, dampak dari ketakutan tersebut semua orang panik dan berbondong-bondong untuk membeli sembako dalam jumlah yang banyak. Hal tersebut tidak baik jika dibiarkan terlalu lama akan mempengaruhi jumlah persediaan barang, sehingga ketika barang sembako sudah habis dan semua produk diproduksi lagi dampaknya bisa membuat harganya tiba-tiba melonjak naik.

Maka dari itu kita perlu membaca dan melakukan 8 tips mencegah virus corona ini untuk membuat kita lebih tenang dan tetap bersikap rasional, yuk simak tips dibawah ini :

1. Hindari berpergian ke China dan ke negeri lainnya yang telah ditemukan adanya penularan virus corona

2. Menggunakan masker ketika berada di lingkungan yang ramai

3. Membersihkan tangan dengan air dan sabun secara rutin atau hand sanitizer sebelum memegang wajah serta setelah memegang instalasi publik

4. Menghindari mengkonsumsi daging yang tidak dimasak sampai matang

5. Makan makanan sehat seperti karbohidrat, protein, sayuran, dan buah-buahan

6. Konsumsi temulawak, sirih, jahe dan kunyit yang mengandung curcumin

Menurut Profesor dari universitas Airlangga, Surabaya yaitu Prof. Dr. Drh. Chaerul Anwar Nidom Ms., Drh. Rempah-rempah alami seperti temulawak, sirih, jahe dan kunyit merupakan rempah tradisional yang mengandung curcumin yang disebutkan dapat menangkal virus corona didalam tubuh. Selain harganya terjangkau, bahan-bahan tersebut mudah ditemukan dipasar atau supermarket. Maka dari itu yuk kita coba untuk membuat jamu atau air rebusan temulawak, sirih, jahe, dan kunyit untuk diminum setiap hari.

7. Meningkatkan Imun Tubuh dengan Istirahat yang cukup dan mengkonsumsi suplemen dan vitamin C

Selain menjaga pola makan dan hidup sehat seperti tidak begadang dan tidur secukupnya, mengkonsumsi suplemen dan vitamin C juga membantu meningkatkan imun tubuh agar mencegah penularan virus corona.

8. Jangan terlalu takut atau khawatir

Sebagai manusia, memiliki rasa takut atau khawatir merupakan hal yang wajar. Namun jika memiliki rasa takut atau khawatir berlebihan juga tidak baik untuk kondisi tubuh kita. Rasa takut dan khawatir yang berlebih dapat menyebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh bahkan sampai berakibat munculnya penyakit lainnya didalam tubuh kita.

Jangan lupa bagikan artikel ini ke saudara atau teman-teman kamu agar mereka juga mendapatkan informasi tentang wabah virus corona saat ini serta mengedukasi mereka untuk tidak takut atau khawatir secara berlebihan terhadap maraknya penularan COVID-19 di seluruh dunia!

Tags:
0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Revivo. All Rights Reserved

Log in with your credentials

Forgot your details?